Sebanyak 43 orang Perbekel (Kepala Desa) dari Kabupaten Karangasem Provinsi Bali, Kamis (7/9/2017) mengunjungi Desa Panda. Mereka diterima langsung oleh Camat Lumbir, Sekretaris Kecamatan Lumbir, Penjabat Kepala Desa serta Perangkat Desa Panda, Mantan Kepala Desa Panda, Perwakilan BPD dan Ketua LPMD di Wisma PKK.

Pelatihan Website Desa di Rokan Hilir - Riau

Pelatihan website desa dilakukan di Hotel Suzuya bersama 172 desa

Pimpinan rombongan yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kepala Dinas PMD), I Komang Agus Sukasena, dalam sambutan pengantarnya mengatakan bahwa maksud dan tujuan kedatangan mereka adalah untuk melakukan studi kaji, khususnya terkait dengan sistem informasi desa.

“Dermaji adalah salah satu desa unggulan tempo tahun 2016 sebagai desa melek IT. Nah kami kepengin belajar bagaimana praktik dan pengalaman Desa Panda dalam memanfaatkan IT untuk membangun desa”, jelas Sukasena.

Selanjutnya, usai sambutan selamat datang dari Camat Lumbir, Edi Paryono dan sambutan dari Penjabat Kepala Desa Panda, Maryanto, dilanjutkan paparan tentang pengalaman Panda dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Paparan disampaikan oleh mantan Kepala Desa Panda, Bayu Setyo Nugroho, yang juga merupakan pelaku sejarah yang berperan dalam pemanfaatan TIK di Desa Panda.

Dalam paparannya, Bayu menyampaikan bagaimana proses pemanfaatan TIK untuk mempercepat penyebaran informasi, meningkatkan partisipasi dan transparansi serta mendorong proses perubahan sosial.

“Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi adalah sebuah keniscayaan. Desa harus memanfaatkan sebaik mungkin kemajuan teknologi ini sebagai sarana untuk mengoptimalkan tata kelola desa”, jelas Bayu.

Bagikan Berita

rtp slot

slot pulsa

slot777